Kamis, 27 Maret 2014

KUE BASAH

I.               Latar Belakang
Suatu pemasaran dalam bidang usaha makanan banyak sekali bentuk yang beranekaragam. Dari makanan ringan hingga makanan berat, dari yang murah hingga yang mahal. Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi kebutuhan manusia sehari-hari. Saat ini dipasaran sudah banyak makanan yang bertaraf internasional tidak hanya makanan tradisional. Salah satu makanan tradisional adalah “KUE BASAH”. Sebagian masyarakat banyak yang memilih makanan yang berpedoman pada rasanya yang enak dan nikmat. Dan memilih harga yang relatif murah.
Dengan hal tersebut, maka saya ingin menganalisa usaha makanan, yaitu “KUE BASAH” dan berkaitan denga analisis SWOT.
Ø  Berikut ini adalah analisis SWOT, yaitu :
                                                                      I.            Faktor Internal.
a.      Strengths (Kekuatan)
1)      Pembuatan yang sederhana dan tidak memerlukan waktu yang terlalu lama.
2)      Kualitas rasa yang enak, gurih dan nikmat.
3)      Memiliki variasi makanan yang bermacam-macam sehingga konsumen dapat memilih sesuai keinginan.
4)      Bahan baku dan peralatan mudah didapat.
5)      Harga yang terjangkau, sehingga mendapatkan profit yang cukup tinggi.
6)      Lokasi milik sendiri.
a.      Weakness (Kelemahan)
1)      Faktor kenaikan harga bahan baku menyulitkan untuk menentukan harga.
2)      Keadaan cuaca yang buruk.
3)      Tidak adanya promosi, sehingga tidak semua masyarakat mengetahui usaha ini.
4)      Lokasi yang kecil dan kurang strategis.
5)      Belum adanya brand.




                                                                    II.            Faktor Eksternal.
a.      Opportunities (Peluang)
1)      Apabila harga masih tetap terjangkau dan rasa tetap menjamin kepuasan konsumen, memungkinkan meningkatkan pelanggan baru dan pelanggan tetap.
2)      Daya inovatif dan kreatif dalam mengembangkan usaha ini, maka akan mempunyai peluang yang cukup besar untuk menguasai pasar diwilayahnya.
3)      Meningkatnya kecepatan dalam mengolahnya dengan memberikan peluang bagi masyarakat.
4)      Apabila lokasi diperbesar dan membuka banyak cabang usaha ini, memungkinkan meningkatnya pendapatan.
5)      Menciptakan promosi dengan berbagai macam cara dengan variasi yang bagus, maka akan menarik minat konsumen dan lebih banyak masyarakat yang mengetahui.
b.      Threats (Ancaman)
1)      Harga bahan baku yang meningkat, harga kue ini pun meningkat dan mengurangi permintaan.
2)      Berkurangnya kreatifitas dalam menciptakan produk kue yang baru, sehingga konsumen akan merasa kurang puas dan akan berpindah ke pemasar lain.
3)      Munculnya pesaing yang lebih kreatif diwilayahnya yang mengikuti jenis usaha ini.
4)      Semakin banyak munculnya makanan yang bertaraf internasional akan mengurangi permintaan dan menurunnya pendapatan.

5)      Hanya memasarkan di wilayahnya saja tidak memasarkannya di wilayah lain, dapat mengakibatkan berkurangnya konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar