I. Latar Belakang
Suatu
pemasaran dalam bidang usaha makanan banyak sekali bentuk yang beranekaragam. Dari
makanan ringan hingga makanan berat, dari yang murah hingga yang mahal. Makanan
merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi kebutuhan manusia sehari-hari. Saat
ini dipasaran sudah banyak makanan yang bertaraf internasional tidak hanya
makanan tradisional. Salah satu makanan tradisional adalah “KUE BASAH”. Sebagian
masyarakat banyak yang memilih makanan yang berpedoman pada rasanya yang enak
dan nikmat. Dan memilih harga yang relatif murah.
Dengan
hal tersebut, maka saya ingin menganalisa usaha makanan, yaitu “KUE BASAH” dan
berkaitan denga analisis SWOT.
Ø Berikut ini adalah analisis SWOT,
yaitu :
I.
Faktor
Internal.
a. Strengths (Kekuatan)
1) Pembuatan yang sederhana dan tidak
memerlukan waktu yang terlalu lama.
2) Kualitas rasa yang enak, gurih dan
nikmat.
3) Memiliki variasi makanan yang bermacam-macam
sehingga konsumen dapat memilih sesuai keinginan.
4) Bahan baku dan peralatan mudah
didapat.
5) Harga yang terjangkau, sehingga
mendapatkan profit yang cukup tinggi.
6) Lokasi milik sendiri.
a. Weakness (Kelemahan)
1) Faktor kenaikan harga bahan baku menyulitkan
untuk menentukan harga.
2) Keadaan cuaca yang buruk.
3) Tidak adanya promosi, sehingga tidak
semua masyarakat mengetahui usaha ini.
4) Lokasi yang kecil dan kurang
strategis.
5) Belum adanya brand.
II.
Faktor
Eksternal.
a. Opportunities (Peluang)
1) Apabila harga masih tetap terjangkau
dan rasa tetap menjamin kepuasan konsumen, memungkinkan meningkatkan pelanggan
baru dan pelanggan tetap.
2) Daya inovatif dan kreatif dalam
mengembangkan usaha ini, maka akan mempunyai peluang yang cukup besar untuk
menguasai pasar diwilayahnya.
3) Meningkatnya kecepatan dalam
mengolahnya dengan memberikan peluang bagi masyarakat.
4) Apabila lokasi diperbesar dan membuka
banyak cabang usaha ini, memungkinkan meningkatnya pendapatan.
5) Menciptakan promosi dengan berbagai
macam cara dengan variasi yang bagus, maka akan menarik minat konsumen dan lebih
banyak masyarakat yang mengetahui.
b. Threats (Ancaman)
1) Harga bahan baku yang meningkat,
harga kue ini pun meningkat dan mengurangi permintaan.
2) Berkurangnya kreatifitas dalam
menciptakan produk kue yang baru, sehingga konsumen akan merasa kurang puas dan
akan berpindah ke pemasar lain.
3) Munculnya pesaing yang lebih kreatif diwilayahnya
yang mengikuti jenis usaha ini.
4) Semakin banyak munculnya makanan yang
bertaraf internasional akan mengurangi permintaan dan menurunnya pendapatan.
5) Hanya memasarkan di wilayahnya saja
tidak memasarkannya di wilayah lain, dapat mengakibatkan berkurangnya konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar